MENGATASI LIBMYSQL50.DLL LAZARUS ERROR



MENGATASI LIBMYSQL50.DLL LAZARUS ERROR-Setelah berhasil menginstall ZeosDBO komponen di Lazarus, masih terdapat masalah dalam paket instalansi lazarus Seperti libmysql4.0, libmysql4.1, libmysql5.0, libmysql5.1 berekstensi (*.dll) lainnya yang belum terinstall. Untuk mengatasi masalah file (*.dll) error lainnya dengan cara menginstall/mengcopy file (*.dll) tersebut. Ada beberapa cara untuk mengatasi file yang berektensi (*.dll) yaitu dengan cara mendownload software DLL fixer atau mendownload file (*.dll) yang dibutuhkan. Pada kasus Zeos koneksi lazarus ini yang saya alami adalah file libmysql50.dll belum terinstall.

Langkah pertama yaitu mendownload file libmysql50.dll, silahkan download dari DLL-Files.com atau langsung masuk LINK2. Pada link2 terdapat dua file libmysql.dll dan libmysql50.dll, silahkan unduh kedua file tersebut bila perlu.



Untuk file proses penginstalan libmysql50.dll ini seperti yang sudah saya jelaskan diatas terdapat dua versi. Versi pertama dengan software fix dll, versi kedua yaitu dengan cara manual. Untuk yang manual ini tidak terlalu sulit tapi paling cepet, cukup diklik kanan ekstrak file "libmysql50.zip". Copy paste file libmysql50.dll ke direktori C:\Windows\System32\(file *.dll) atau "C:\Windows\System32\libmysql50.dll".



Jika sudah selesai silahkan cek Lazarus apakah masih ada error pada file (*.dll), bila masih ada masalah file *.dll pada koneksi lazarus terutama pada file libmysql.dll silahkan cari dan download di Google atau dari website DLL-Files, atau kunjungi forum-forum lazarus :). Sekian dulu postingan ini, semoga bermanfaat dan salam ushare99.

Tambahan :

Libmysql51.dll, libmysql50.dll dan libmysql55.dll ( LINK )
Libmariadb.dll ( LINK )

Comments